Selasa, 04 Desember 2012

surat izin mengemudi

Kesibukan sehari-hari bikin lupa kalau SIM C yang saya punya sudah kadaluwarsa hampir 9 bulan!
Karena biasanya selalu perpanjang sebelum masa berlakunya habis, agak2 panik dengan kemungkinan denda yang bakal saya bayar dan tes2 yg mesti dijalani >.<

Sebelum pergi ke samsat, browsing dulu deh cari info

kalau pergi ke sana tanpa bekal informasi alias nge-blank ada kekhawatiran ketemu oknum yg nakal,n diarahkan tidak sesuai prosedur. Setelah baca beberapa postingan blog mengenai perpanjangan SIM kadaluwarsa/SIM mati, alhamdulillah tenang deh, karena SIM yg masa berlakunya habis kurang dari 1 tahun masih bisa diperpanjang tanpa denda maupun tes lalu lintas ^^

dari blognya http://nonirosliyani.com/?p=407
  • Pasal 224 ayat (1) PP No 44 Th 1993 Surat Ijin mengemudi sebagaimana dimaksud dalam pasal 214 dapat diperpanjang tanpa keharusan mengikuti ujian sebagaimana dimaksud dalam pasal 219 dan 220.
  • Pasal 224 ( 3) PP No. 44 Th 1993 Apabila surat ijin mengemudi telah habis masa berlakunya lebih dari 1 ( satu ) tahun, pemohon wajib mengikuti ujian teori dan praktek sebagaimana dimaksud dalam pasal 219 dan 220 surat Dirlantas Babinkam Polri No. Pol : ST / 49 / V / 2006 tanggal 23 Mei 2006 tentang uji klinik pengemudi kendaraan bermotor.
Sebelumnya siapkan fotokopi KTP dan siapkan SIM C yg akan diganti.
Saya mendatangi Polwitabes Bandung di Jalan Jawa, berikut adalah prosedur perpanjangan sim yg saya lakukan :
1. ke klinik untuk tes kesehatan bayar Rp 40.000
dilakukan di sebuah klinik kecil di Jalan Nias Dalam, lebih tepatnya gang sih, karena jalannya hanya muat untuk motor, cukup jalan kaki 5 menit dari Polwitabes. Tes yg dilakukan tes buta warna, ukur tensi, dan dokternya ngecek pake stetoskop (nama pemeriksaannya apa y?)

2. ke loket asuransi bayar Rp 30.000

3. ke loket pendaftaran, ambil map+berkas2 dirapihin sama ibu polwan

4. ke loket BRI bayar biaya perpanjangan sim C Rp 75.000

4. Isi formulir
penting untuk bawa pulpen sendiri

5. Foto SIM
antri, dan saya dipanggil paling pertama ^ v ^

6. Ambil SIM
 
Waktu yang dibutuhkan jumlah jamleh total 1 jam, saya datang hari Jumat, jam 8, selesai jam 9. total biaya yg dikeluarkan 145 ribu, kalau sama parkir n jajan mungkin sekitar 150 ribu.

Ngomong2 soal dunia lalu lintas

ada lagu easy listening yg judulnya catchy banget
jangan parkir di hatiku
;p
yg nyanyi gamaliel, audrey, cantika,,

klo yg ga suka nunggu bisa sambil baca buku/majalah/koran, tapi tidak disarankan denger lagu di atas pk earphone,,,bisa-bisa kelewat antriannya ..

*postingan pertama setelah pindah rumah
 
daughterofasoldier@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar