Selasa, 11 Juni 2013

ramalan

Mmmm, postingan ini bukan mau ngebahas yang mistis-mistis atau yang berhubungan sama dunia perdukunan, tapi saya mau membahas tentang pemilihan walikota dan calon walikota bandung yang hari-H nya tanggal 23 Juni 2013 nanti.

Yang maju untuk pemilihan ini ada 8 pasang kandidat :
1. Edi siswadi + Erwan setiawan
2. Wahyudin + Tonny Aprilani
3. Wawan Dewanta + M Sayogo
4. Ridwan Kamil + Oded M Danial
5. Ayi Vivananda + Nani Suryani

6. MA Iswara + Asep Dedy
7. Budi Setiawan + Rizal Firdaus
8. Bambang Setidadi + Alex Tahsin


Namun yang spanduknya banyak bertebaran hanya beberapa kandidat tertentu saja. Yang sering saya lihat sih yg nomor 1, 4, dan 5. Mungkin ketiga pasang kandidat tsb. punya dana lebih besar, atau punya sponsor yang mengucurkan dana untuk kampanye lebih banyak dari kandidat-kandidat lainnya. 

Yang mau saya soroti di sini adalah cara tim sukses me"masar"kan kandidatnya. Seperti pada saat pemilihan gubernur DKI, tim sukses Joko Widodo bikin flash mob di car free day dan menguploadnya di youtube, memanfaatkan media sosial, serta men"doktrin" pendukungnya dengan kemeja kotak2 (sampai bikin rejeki pedagang kemeja kotak2 naik ^^), pencitraan yg "segar" dan penuh inovasi terbukti sukses membuat jokowi terpilih jadi orang nomor satu di jakarta. Tentunya ga lepas juga dari sosok asli bapak ini yg memang membawa ide2 perubahan untuk perbaikan, gaya hidup sederhana dan mem"bumi" yg membaur dengan masyarakat.

Nah kalau di Bandung, kandidat yg unggul dengan promosinya menurut saya adalah kandidat no. 4 (eh ngomong2 saya mah ga nyoblos walaupun warung di Bandung tapi sekarang tinggal di Cimahi; beda kota, cukup jadi penongton aja deh dong ^,^). 
 
Ceritanya kemarin pas, saat "dines" jaga warung, ada tim sukses kandidat no. 4 ini yang membagikan pamflet dan kalender. Ouw, hanya kalender saya pikir begitu. Tapi ada trik jitu supaya kalendernya ga hanya sekedar kalender,

Kalender ini memasukkan jadwal sholat dan imsak untuk bulan ramadhan yg akan tiba kurang dari 1 bulan lagi. itu poin ke-1. poin plus ke-2 adalaaaaah mereka memasukkan jadwal pertandingan maung bandung alias persib ke dalam kalender tersebut. Wah ini nangkep moment dan massa banget. Bobotoh kan ga sedikit, marketing yg jitu! Selain kalender mereka juga punya beberapa jenis media lain yg bisa didownload dan diperbanyak sendiri,seperti stiker angkot, pin, dll




Kalau jokowi pakai kotak2, kandidat ini menggunakan warna merah putih dengan simbol hati dilingkari sebagai  logonya. Ada juga ikon kandidat yg disederhanakan dan jadi keren banget,,, Saking kerennya sampe dibikin official merchandisenya , silakan klik link berikut klo mau pesan, hehehe....

Facebook, twitter, dan web mah ga usah disebut lagi, itu mah udah pasti ada. Yang unik adalah kandidat ini membuat aplikasi di android dengan nama ngabandungan. Bagi warga bandung yg mau complain, bisa lewat media ini. Semacam surat pembaca yg di-digital-kan, karena sekarang hampir semua orang pegang hp. Tapi bisa dilengkapi dengan foto. Misal mau lapor jalan rusak. Tinggal foto, dan tulis status di sana. Yang rajin posting alias yg rajin laporan (eh atau yg rajin complain yah ^^) disebutnya kuncen bandung...kreatif!

Kandidatnya juga ngisi rutin setiap senin di salah satu radio anak muda yg top di bandung. Jadi sepertinya sasaran pemilihnya adalah anak2 muda bandung/ pemilih pemula. Dengan tim sukses seperti itu, dan tentunya dengn program yg kreatif dan aplikatif, saya "ramal"kan  kandidat ini yang akan memimpin kota bandung 5 tahun ke depan. "Dari mata turun ke hati, dari visi turun ke aksi" itu taglinenya, catchy!


daughterofasoldier@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar